Halaman

Jumat, 07 Oktober 2011

PTK Bab I

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI MEDIA
PADA SISWA KELAS IV
SD KRISTEN 04 EBEN HAEZER SALATIGA SEMESTER I
 TAHUN PELAJARAN 2011-2012


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar  Belakang Masalah
Secara umum siswa SD sering mengalami kesulitan dalam mempelajari  mata pelajaran  matematika, diantaranya adalah kesulitan mempelajari operasi hitung bilangan bulat. Terbukti dengan rendahnya hasil belajar siswa.
Untuk melihat hasil  belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dapat dilihat dari nilai matematika siswa dalam operasi hitung bilangan bulat. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen 04 Eben Haezer,  sebagian besar siswa tidak tuntas KKM. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai pada operasi hitung bilangan bulat sebanyak 8 siswa tuntas KKM ( 42 % ) dan 11 siswa tidak tuntas  KKM ( 58 %) dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 65.
Selain itu, menurut penulis suasana kelas kurang kondusif untuk belajar matematika, mungkin sebagian siswa mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, guru kurang menarik dalam mengajar, atau materi pembelajaran yang sulit karena membutuhkan kematangan dalam berhitung.
Di sisi lain, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah  begitu besar pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Selain sebagai sarana untuk menyajikan informasi, komputer juga dapat dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia  termasuk bidang pendidikan. Pemanfaatan komputer di bidang pendidikan juga  sudah berkembang sedemikian rupa sehingga menjadi satu bagian penting sebagai   media pembelajaran.
Dari permasalahan tersebut di atas menunjukkan,  penulis ingin berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat dengan media pembelajaran multi media sekaligus dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui media belajar yang lebih menarik perhatian
Penelitian Tindakan Kelas ini difokuskan pada upaya peningkatan hasil belajar operasi hitung bagi siswa kelas IV SD Kristen 04 Eben Haezer Salatiga yang merupakan tanggung jawab peneliti sebagai guru matematika di kelas tersebut. Peneliti akan mempergunakan media pembelajaran multi media dalam pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan PTK.
.
 B. Perumusan Masalah
 Apakah penggunaaan media pembelajaran multi media  pada proses pembelajaran operasi hitung bilangan bulat  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen 04 Eben Haezer?

C. Tujuan Penelitian
Meningkatkan hasil belajar siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat


D. Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi  peningkatan kualiatas  pembelajaran matematika, khususnya operasi hitung bilangan bulat  melalui penggunaan media pembelajaran  multi media.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi guru memperoleh pengalaman  dalam meningkatkan  hasil belajar operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan  multi media.
b.      Bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung matematika dan memperoleh pengalaman yang bermakna dalam belajar  sehingga meningkatkan motivasi mereka  dalam belajar matematika.
c.       Bagi Sekolah memberikan masukan kepada Kepala Sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dan  identifikasi kebutuhan sekolah terhadap media pembelajaran  multi media yang dibutuhkan.

2 komentar:

  1. Ok pak, aku menunggu hasilnya nanti. kalau cukup signifikan peningkatannya, memang semua media pembelajaran harus dimanfaatkan. Artinya modal awal anak perlu dieksplor dengan cara-cara yang modern sesuai perkembangan zaman.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Bu tulisan ini masih perlu disempurnakan lagi dan tinggal ditindaklanjuti

    BalasHapus